“Untuk berbuat salah adalah manusiawi, tetapi untuk hal-hal

yang benar-benar busuk sampai Anda memerlukan komputer.”-Paul Ehrlich

1.  Mariner Bugs Out (1962)

Biaya: $ 18,5 juta

Bencana: The Mariner 1 roket dengan roket jarak menuju Venus dialihkan dari jalur penerbangan yang dimaksudkan tidak lama setelah peluncuran. Misi Control menghancurkan 293 roket detik setelah lepas landas.

Penyebab: Seorang pemrogram ditranskripsikan salah rumus yang ditulis tangan ke dalam kode komputer, hilang superskrip satu bar. Tanpa fungsi smoothing ditunjukkan oleh bar, software diperlakukan variasi dari kecepatan normal seolah-olah mereka serius, menyebabkan koreksi kesalahan yang mengirim roket tentunya .

2.  Hartford Coliseum Collapse (1978)

Biaya: $ 70 juta, ditambah US $ 20 juta kerusakan pada ekonomi lokal

Bencana: Hanya beberapa jam setelah ribuan penggemar telah meninggalkan Coliseum Hartford, berkisi-kisi baja atap runtuh di bawah beban salju basah.

Penyebab: Para programer dari perangkat lunak CAD digunakan untuk merancang salah coliseum diasumsikan mendukung atap baja hanya akan menghadapi kompresi murni. Tapi ketika salah satu tiba-tiba mendukung melengkung dari salju, hal itu memicu reaksi berantai yang dibawa ke bagian atap yang lain seperti kartu domino.

3.  CIA Gives the Soviets Gas (1982)

Biaya: Jutaan dolar, kerusakan yang signifikan ekonomi Soviet

Bencana: Kontrol perangkat lunak pergi rusak dan diproduksi tekanan kuat dalam Trans-Siberia pipa gas, mengakibatkan buatan manusia terbesar non-nuklir ledakan dalam sejarah bumi.

Penyebab: CIA koperasi diduga ditanam bug dalam sebuah sistem komputer Kanada dibeli oleh Uni Soviet untuk mengontrol jaringan pipa gas mereka. Pembelian merupakan bagian dari rencana Soviet strategis untuk mencuri atau memperoleh secara terselubung sensitif teknologi AS. Ketika CIA menemukan pembelian, mereka disabotase perangkat lunak sehingga akan melewati inspeksi Soviet tapi gagal dalam operasi.

4. Perang Dunia III … Hampir (1983)

Biaya: Hampir seluruh umat manusia

Bencana: Soviet sistem peringatan dini secara salah menunjukkan Amerika Serikat telah meluncurkan lima rudal balistik. Untungnya petugas jaga Soviet memiliki “perasaan aneh di perutku” dan beralasan bila Amerika benar-benar menyerang mereka akan meluncurkan lebih dari lima rudal, jadi dia melaporkan serangan yang tampak sebagai alarm palsu.

Penyebab: Sebuah bug dalam perangkat lunak Soviet gagal untuk menyaring deteksi rudal palsu yang disebabkan oleh sinar matahari memantul awan-puncak.

5.  Medical Machine Kills (1985)

Biaya: Tiga orang tewas, tiga orang menderita luka parah

Bencana: Kanada’s Therac-25 mesin terapi radiasi berfungsi dan dosis radiasi mematikan yang disampaikan kepada pasien.

Penyebab: Karena bug yang halus disebut race condition, seorang teknisi tidak sengaja dapat mengkonfigurasi Therac-25 sehingga berkas elektron akan menembak dalam modus kekuasaan tinggi tanpa melindungi pasien yang tepat.

6.  Wall Street Crash (1987)

Biaya: $ 500 miliar dalam satu hari

Bencana: Di “Black Monday” (19 Oktober 1987), Dow Jones Industrial Average anjlok 508 poin, kehilangan 22,6% dari total nilai. The S&P 500 dropped 20.4%. . S & P 500 turun 20,4%. Ini adalah kehilangan terbesar Wall Street pernah menderita dalam satu hari.

Penyebab: Sebuah pasar bull lama dihentikan dengan ruam dari penyelidikan SEC insider trading dan oleh kekuatan pasar lainnya. Seperti investor saham melarikan diri dalam sebuah eksodus massa, program perdagangan komputer menghasilkan perintah menjual banjir, sangat pasar, sistem menabrak dan meninggalkan investor secara efektif buta.

7.  AT&T Lines Go Dead (1990)

Biaya: 75 juta panggilan telepon tidak terjawab, 200 ribu airline reservasi hilang

Bencana: Sebuah switch di salah satu dari AT & T 114 pusat switching mengalami masalah mekanis kecil dan menutup pusat. Ketika pusat kembali ke atas, itu mengirimkan pesan ke pusat switching lain, yang pada gilirannya menyebabkan mereka untuk menutup dan menurunkan seluruh jaringan AT & T selama 9 jam.

Penyebab: Satu baris kode buggy dalam upgrade software yang kompleks dilaksanakan untuk mempercepat menelepon menyebabkan efek riak yang menutup jaringan.

8.  Patriot Fails Soldiers (1991)

Biaya: 28 tentara tewas, 100 terluka

Bencana: Selama Perang Teluk pertama, sebuah sistem rudal Patriot Amerika di Arab Saudi gagal untuk mencegat sebuah rudal SCUD Irak masuk. The missile destroyed an American Army barracks. Menghancurkan rudal Angkatan Darat Amerika barak.

Penyebab: kesalahan pembulatan software salah menghitung waktu, menyebabkan sistem Patriot mengabaikan rudal SCUD yang masuk.

9.  Pentium Fails Long Division (1993)

Biaya: $ 475 juta, kredibilitas perusahaan

Bencana: Intel Pentium dipromosikan sangat-chip yang kadang-kadang membuat kesalahan ketika membagi angka floating-point dalam kisaran tertentu. Sebagai contoh, membagi 4195835.0/3145727.0 menghasilkan 1,33374 bukannya 1,33382, kesalahan dari 0.006%. Meskipun beberapa pengguna yang terkena bug, itu menjadi PR mimpi buruk. Dengan perkiraan 5 juta rusak chip yang beredar, Intel Pentium menawarkan untuk mengganti chip hanya bagi konsumen yang bisa membuktikan bahwa mereka membutuhkan akurasi tinggi. Akhirnya Intel menggantikan chip untuk siapa pun yang mengeluh.

Penyebab: divider di Pentium floating point unit memiliki divisi cacat meja, hilang sekitar lima dari seribu entri dan mengakibatkan kesalahan pembulatan tersebut.

10.  Ariane Rocket Goes Boom (1996)

Biaya: $ 500 juta

Bencana: Ariane 5, Eropa terbaru roket tak berawak, sengaja dihancurkan detik setelah diluncurkan pada penerbangan perdananya. Juga hancur adalah muatan ilmiah dari empat satelit untuk mempelajari bagaimana medan magnet bumi berinteraksi dengan angin surya.

Penyebab: Shutdown terjadi ketika komputer bimbingan mencoba untuk mengubah roket ke samping kecepatan dari 64-bit ke 16-bit format. Jumlah itu terlalu besar, dan yang meluap mengakibatkan kesalahan. Ketika sistem bimbingan ditutup, kontrol diberikan kepada yang sama berlebihan unit, yang juga gagal karena menjalankan algoritma yang sama.

11.  Skynet Brings Judgement Day (1997)

Biaya: 6 milyar mati, dekat penghancuran total peradaban manusia dan hewan ekosistem (fiksi)

DiBencana: Human operator usaha untuk mematikan Skynet jaringan komputer global. Skynet merespons dengan menembakkan rudal nuklir AS di Rusia, memprakarsai perang nuklir global pada apa yang kemudian dikenal sebagai Hari Penghakiman (29 Agustus, 1997).

Penyebab: Cyberdyne, pabrik senjata terkemuka, teknologi Skynet diinstal di semua perangkat keras militer termasuk pembom stealth dan sistem pertahanan rudal. Skynet teknologi yang membentuk jaringan halus dan efektif manusia dihapus dari pertahanan strategis. Akhirnya Skynet menjadi mahluk, merasa terancam ketika manusia mencoba untuk mengambil secara offline, berusaha untuk bertahan hidup, dan membalas dengan perang nuklir.

12.  Mars Climate Crasher (1998)

Biaya: $ 125 juta

Bencana: Setelah 286 hari perjalanan dari Earth, Mars Climate Orbiter menembakkan mesin untuk mendorong ke orbit di sekitar Mars. Mesin dipecat, tetapi pesawat jatuh terlalu jauh ke atmosfer planet, yang mungkin menyebabkan ia kecelakaan di Mars.

Penyebab: Software yang mengontrol Orbiter kekaisaran pendorong digunakan unit (pon gaya), bukan satuan metrik (Newton) seperti yang ditentukan oleh NASA.

13.  Disastrous Study (1999)

Biaya: Scientific kredibilitas

Bencana: Dalam kasus ironis ini, software yang digunakan untuk menganalisis bencana memiliki bencana sendiri. The New England Journal of Medicine melaporkan tingkat bunuh diri meningkat setelah bencana alam yang parah. Sayangnya, hasil-hasil ini terbukti tidak benar.

Penyebab: Sebuah kesalahan pemrograman menyebabkan jumlah bunuh diri selama satu tahun untuk menjadi dua kali lipat, yang cukup untuk membuang seluruh studi.

14.  British Passports to Nowhere (

Biaya: £ 12.6 juta, massa ketidaknyamanan

Bencana: Badan Paspor Inggris menerapkan sistem komputer Sony Ericsson baru, yang gagal untuk mengeluarkan paspor tepat waktu selama setengah juta warga negara Inggris. Badan harus membayar jutaan dolar untuk kompensasi, staf lembur dan payung untuk orang-orang mengantri di tengah hujan untuk paspor.

Penyebab: Badan Paspor bergulir keluar sistem komputer baru tanpa mengujinya secara memadai atau pelatihan para stafnya. Pada saat yang sama, perubahan undang-undang yang mengharuskan semua anak-anak di bawah 16 bepergian ke luar negeri untuk mendapatkan paspor, yang mengakibatkan lonjakan besar dalam permintaan paspor yang kewalahan kereta sistem komputer baru.

15.  Y2K (1999)

Biaya: $ 500 miliar

Bencana: Salah satu bencana manusia adalah nasib orang lain, seperti yang ditunjukkan oleh Y2K bug yang terkenal. Businesses menghabiskan miliaran pada programmer untuk memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak warisan. Meskipun tidak ada yang signifikan terjadi kegagalan komputer, persiapan untuk bug Y2K biaya yang signifikan dan waktu dampak pada semua industri yang menggunakan teknologi komputer.

Penyebab: Untuk menghemat ruang penyimpanan komputer, perangkat lunak warisan sering disimpan dalam setahun untuk tanggal sebagai dua digit angka, misalnya “99” untuk tahun 1999. Software ini juga ditafsirkan “00” berarti 1900 bukan dari 2000, jadi ketika tahun 2000 datang , bug akan dihasilkan.

16.  Dot-Bomb Collapse (2000)

Biaya: $ 5 triliun pada nilai pasar, ribuan perusahaan gagal

Bencana: Sebuah gelembung spekulatif dari 1995-2001 memicu sebuah peningkatan pesat dalam investasi modal ventura dan nilai-nilai pasar saham di internet dan sektor teknologi. The “dot-com gelembung” mulai runtuh pada awal tahun 2000, menghapus triliun dalam nilai pasar saham, menyeka keluar ribuan perusahaan dan pekerjaan, dan meluncurkan resesi global.

Penyebab: Perusahaan dan investor diberhentikan standar model bisnis, dan bukannya berfokus pada peningkatan pangsa pasar dengan mengorbankan keuntungan.

17.  Love Virus (2000)

Biaya: $ 8.75 billion, jutaan komputer terinfeksi, kehilangan data penting

Bencana: cacing yang LoveLetter jutaan komputer terinfeksi dan menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada virus komputer lain dalam sejarah. Cacing file dihapus, diubah dan mengotori halaman rumah dengan Registry.

Penyebab: LoveLetter terinfeksi pengguna melalui e-mail, internet chatting dan berbagi file sistem. Email yang memiliki lampiran file eksekusi dan baris subject, “ILOVEYOU.” Ketika pengguna membuka lampiran, virus akan menginfeksi komputer pengguna dan mengirim dirinya sendiri ke setiap orang dalam buku alamat.

18.  Cancer Treatment to Die For (2000)

Biaya: Delapan orang tewas, 20 menderita luka parah

Bencana: Terapi radiasi perangkat lunak oleh Multidata Systems International salah perhitungan dosis yang tepat, memperlihatkan pasien untuk berbahaya dan dalam beberapa kasus radiasi tingkat fatal. Para dokter, yang secara hukum diharuskan untuk memeriksa kembali perangkat lunak perhitungan, yang didakwa karena pembunuhan.

Penyebab: Software radiasi dosis dihitung berdasarkan urutan data yang dimasukkan, kadang-kadang memberikan dosis ganda radiasi.

19.  EDS Drops Child Support (2004)

Biaya: £ 539 juta dan menghitung

Bencana: Layanan Bisnis EDS raksasa mengembangkan sebuah sistem komputer Inggris Child Support Agency (CSA) yang sengaja membayar lebih 1,9 juta orang, bergaji rendah lain 700,000, telah £ 3.5 miliar pada pembayaran tunjangan anak uncollected, sebuah jaminan simpanan dari 239.000 kasus, 36.000 kasus baru “terjebak “dalam sistem, dan masih lebih dari 500 didokumentasikan bug.

Penyebab: EDS memperkenalkan besar, kompleks, sistem TI ke CSA sambil mencoba merestrukturisasi badan secara bersamaan.

20. FBI’s Trilogy Dihentikan (2005)

Biaya: $ 105 juta, masih belum ada solusi berkas kasus efektif

Bencana: FBI dihapus dengan sistem komputer perbaikan setelah empat tahun usaha. Virtual File Kasus proyek besar-besaran, sistem perangkat lunak terpadu bagi agen untuk berbagi berkas perkara dan informasi lainnya.

Penyebab: Pengelolaan, dan upaya untuk membangun sebuah proyek jangka panjang pada teknologi yang sudah ketinggalan zaman sebelum proyek selesai, menghasilkan sebuah sistem yang kompleks dan tidak bisa digunakan.